My Journey Through Life..

~Some people believe we only live once, so have fun while doing it.~

Tiki Taka.. Nope! : Tiki TACO

Leave a comment

Lama nggak update akhirnya bisa nulis lagi dan kali ini temanya ada (local) Mexican food. Jadi di Jogja ini udah banyak makanan internasional terutama kalo ngomongin makanan dari Jepang, barat (steak, salad, dan lain sebagainya), Korea, yang dikemas dengan gaya lokal, kali ini saya akan ngomongin tentang makanan Meksiko. Sekitar 1-2 bulan lalu saya diajak teman-teman untuk coba makanan Meksiko. Bayangan saya makanan Meksiko udah kaya makanan India yang penuh dengan saus kental dan warna merah membara dari cabainya, tapi ternyata itu semua kurang tepat sasaran.

Sebutlah satu kedai makanan Meksiko di Jogja ini, namanya Tiki Taco. Letaknya ada di sebelah DSC (Depok Sport Center) persis, jadi seperti di satu area tanah begitu. Tampak luar belum kelihatan ‘wah’-nya tapi tampak dalam memang lumayan menggoda. Rumah makan itu memang tidak terlalu besar tapi cukup lah untuk menampung kira-kira 15-20an orang total. Dekorasi nya dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai suasana tradisional ala Meksiko (meski saya juga belum pernah liat langsung di Meksiko-nya kaya apa, tapi di film-film sih ya…).

Menuju ke menu, pilihan menu belum (atau tidak) banyak. Mungkin sekitar 5-6 menu makanan dan jumlah yang sama untuk menu minumannya. Terus terang saya kurang hapal nama menunya karena asing sekali itu di mata dan telinga saya, tapi 1 yang saya hapal, taco hahahahahaha.

Beginilah penampakannya  (kami ber 4, dan ada 2 macam menu makanan yg kami pesan, dan tiap orang punya variannya sendiri hahaha) :

*maklumi kamera HP saya.. 😥

Taco Sapi Lunak

Taco Sapi Crispy

Keduanya ini taco. tapi beda jenisnya.Taco di Tiki Taco ini isinya macam2 : mulai dari proteinnya yang bisa bebas dipilih antara sapi atau ayam, kemudian sayur mayurnya yang terdiri dari cincangan kobis, tomat, dan timun, serta sausnya sendiri. Kebetulan menu di atas pakai daging sapi semua tapi yang atas itu rotinya (tortilla) nggak crispy dan yang bawah crispy. Keduanya sama-sama enak memang tapi dengan dua jenis yang berbeda. Yang satu karena tortilla nya kering jadi ketika di mulut terasa sekali crunchy nya apalagi ketika digabung dengan sayur-sayurannya. Di sisi lain, tortilla yang lunak memberi kesan tambah di bagian rasanya. Ya, karena tortilla yang masih lunak memberi sedikit rasa manis (mirip dengan nasi) bila dikunyah cukup lama. Keduanya top lah (mungkin kurang banyak kali ya karena bikin ketagihan dan nambah terus 😀 ). Oh ya, saus itu jangan dikira mirip saus steak atau takoyaki, sebaliknya rasa sausnya cenderung asam-asam-manis dan plusnya, rasa sausnya cocok dengan isian taco nya. Kalau makan ini, pastikan teman2 sedia tisu karena bakalan (dan kemungkinan besar) belepotan saus hahaha. Mungkin sedikit saran kalau menurut saya itu isian taco nya kurang banyak. Ditambah menjadi 1.5x atau 2x nya mungkin akan menambah ‘poin plus’ dari pelanggan, tapi overall, delicioso.

Moving on, menu lain yang teman-teman saya pesan :

Quesadilla2

QuesadillaQuesadilla! (namanya) Sepintas bentuknya mirip calzone ya tapi ternyata ini sedikit lebih tipis dari calzone pada umumnya. Isiannya hampir sama dengan taco tadi namun rasionya lebih banyak dagingnya daripada sayur cincangnya. Kalau yang ini tortillanya membungkus isiannya. Sausnya mirip dengan saus taco nya tapi yang ini nggak disiram di atasnya tapi dicampur sama isiannya di dalam.

Nah yang jadi pelengkap santapan makanan Meksiko di TikiTaco ini adalah salsa. Salsa ini adalah dipping sauce nya yang dipakai bersama makanan intinya. Dari pengalaman pertama kemarin, untuk saya lebih tepatnya poring sauce daripada dipping hahaha (maklum wong ndeso). Salsa ini rasanya asam, lebih didominasi rasa tomat dan bawang dan pedasnya sedikit sekali. Campuran yang kasat mata ada tomat, cincangan bawang putih dan merah, sedikit timun, mungkin pakai cuka sedikit atau apa, kurang tahu juga kalau salsa ala TikiTaco ini.

Extra : Teman saya pesan mojito untuk minumannya, karena saya boleh mencicipi ya saya coba saja sedikit untuk sekadar tau rasanya. Rasa jeruk nipisnya enak, manisnya juga pas (nggak terlalu manis / bland) tapi yang sedikit disayangkan adalah mint nya kurang greget rasanya. Antara ada dan tiada saja hahaha. Mungkin kalau mint-nya bisa diperkuat lagi rasanya, mojito disana bisa jadi top seller. 

Yah, ternyata ada juga kedai Meksiko di Jogja ini, kabarnya sih ada kedai Turki, Arab, Malaysia juga, tapi mungkin lain kali.

Stay tuned untuk pengalaman-pengalaman kuliner yang lain. Cheers!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s