My Journey Through Life..

~Some people believe we only live once, so have fun while doing it.~

Capital’s Cuisine by Local Taste : Ketoprak

Leave a comment

Jadi ini rencananya udah tahun lalu (awal 2014an) untuk mau ngepos tentang Ketoprak tapi nggak jadi-jadi karena sibuk skripsi dan lain-lain, sampai sekarang baru inget lagi hahaha.

Suatu malam, pulang dari kampus, karena nggak tau mau makan malam apa, alhasil saya muter-muter di sekitar Pringgokusuman – Cokroaminoto, Jogja. Niatnya memang mau ke tahu tek di dekat Malioboro tapi tutup, jadinya ke arah Cokroaminoto. Tanpa bayangan mau beli apa di daerah situ (meski di sepanjang jalan banyak penjaja kuliner), akhirnya saya telusuri mulai dari pertigaan lampu merah utara (dekat pom bensin) dan melaju ke arah Bugisan. D sepanjang jalan ini ada rumah makan steak, ayam geprek, masakan nusantara, dan lain-lain, tapi karena (mungkin) dari awal pikiran saya udah ke  bumbu kacang :D, jadinya yg kuperhatiin ga semuanya.

Dan tiba-tiba… mata saya tertuju pada sebuah tulisan KUPAT TAHU MAGELANG (kalau ga salah ingat, soalnya samar-samar). Ya sudahlah, itu saja, mumpung ada bumbu kacangnya juga, Setelah saya hampiri ternyata menunya bertuliskan Ketoprak, Oh.. ok lah, saya bingung sejenak hahahaha. *pikir saya ketoprak itu asli Jakarta*, tapi nggak apa-apa deh, mungkin diadaptasi dan disesuaikan dengan lidah orang sini.

Menu minuman di sana standar, ada teh, jeruk, air putih, dan minuman-minuman kemasan kecil (saset). Makanan di sana hanya spesial Ketoprak, variasinya adalah komplit atau tidak.

Jadi menu Ketoprak komplit itu adalah seperti ini penampakannya :

IMG_9848

Di dalam menu komplit ini ada : 1 telur rebus utuh, mi soun, 1 bongkah tahu :D, ketupat, dan kerupuk. Nah, yang saya suka dari ketoprak ini ada 2 hal, yang pertama tahunya. Entah bagiamana tahunya bisa lembut dalamnya, yang kemudian digoreng agak kering di luarnya. :9 Selain tahunya yang cukup inti adalah bumbu kacangnya. Bumbu kacang ini beda sekali dengan makanan-makanan berbumbu kacang lainnya yang pernah saya makan (lotek, gado-gado, sate, tahu tek, dll). Bumbu ini nggak manis, tapi terasa sekali kacangnya, jadi benar-benar makan saus kacang, bukan saus kacang manis. Bagi yang kurang suka bumbu kacang yang manis, bisa coba di ketoprak ini :9

Untuk mencicipinya Anda bisa datang ke Jl. HOS Cokroaminoto Jogja, saya lupa nomornya tapi timur jalan. Namanya Ketoprak Kuburan, dan nama ini nggak dipilih tanpa alasan. Kios ketoprak ini ada di seberang sarean (pemakaman) agak serong ke kiri sedikit, kalau dari utara, sebelum pasar Klithikan (pasar loak) sekitar 50m.

Rasakan kacangnya! Cheers! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s