My Journey Through Life..

~Some people believe we only live once, so have fun while doing it.~

Harmonies of the Fictional Universes (Part 2)

Leave a comment

Masih lanjutan dari post sebelumnya : Harmonies of the Fictional Unverses (Part 1), konten kali ini masih bertemakan alunan lagu dari dunia game yang menurut saya berkesan di hati, tapi kali ini hanya 1 genre.. Mungkin beberapa yang saya sebut di sini pernah Anda mainkan.

OK, langsung saja ke isi post kali ini :

Game Genre : RPG (Role Playing Game)

*Dari sekaian banyak game RPG yang pernah saya mainkan, banyak pula yang punya lagu-lagu yang enak didengarkan dan cocok di hati ūüėÄ

  • Chrono Trigger (SNES)

Game ini udah jadi game jadul tapi melegenda. Diciptakan pertama kali untuk SNES (Super Nintendo Entertainment System), dan saya beru main ketika SMP (c. 2005) menggunakan ZSNES (emulator untuk SNES).

Berada di satu universe yang sama dengan Chrono Cross (tapi beda waktu) serta dengan desain karakter mirip Dragon Ball, game ini menyuguhkan lagu-lagu menarik di dalamnya. Nggak bertemakan apa-apa, tapi susunan nadanya itu loh, enak banget buat didengerin. Tapi, dari mana susunan nada-nada itu dibuat? Siapa orang-orang dibaliknya? Salah dua orangnya memang merupakan composer terkenal di dunia game, yaitu Yasunori Mitsuda (cek kemari untuk lihat orangnya) dan Nobuo Uematsu (cek kemari juga untuk lihat orangnya). Bagaimana nggak, dua orang composer ini udah menciptakan lagu-lagu buat banyak game ternama.

Ini salah satu lagu yang saya suka dari game ini : Peaceful Days (lagu pas pertama kali Chrono bangun tidur di rumah/kotanya)

  • Final Fantasy 8 (PS1/X

Haha, saya ingat pertama kali main game ini. SD kelas 5 (c. 2003). Game ini dibuat taun 1999 dan lagunya di-compose oleh (siapa lagi kalau bukan) Nobuo Uematsu.

Mengusung tema sekolah prajurit melawan penyihir, sang¬†composer dapat menyusun lagu yang tepat buat jadi BGM-nya. Beberapa lagu¬†saat¬†battle¬†dibuat dengan model orkestra dan dengan tempo yang cepat serta menggebu-gebu (bwahahaha, kaya saya yang paling tau aja sih, tapi saya ngrasainnya kaya gitu), mungkin biar terasa ‘tense‘ nya, jadi instrumennya dimodel sedemikian sehingga memunculkan situasi itu. Di samping itu, di luar saat¬†battle, ada juga yang lagunya seperti¬†march¬†militer (mungkin menyesuaikan temanya). Tapi ada dua hal yang khas dari lagu karangan sang¬†composer di game ini, yaitu ada dua theme song yang jadi basis untuk pengembangan lagu-lagu lain di dalam game. Kedua lagu itu adalah¬†Eyes on Me dan theme song¬†nya Balamb Garden (karena pertama kali dengar lagu ini pasi di Balamb Garden, jadinya saya sebut saja itu theme song-nya). Kedua lagu itu diubah¬†style-nya dan jadilah lagu-lagu yang beda dan dipakai di beberapa adegan dalam game.

Ini lagu kesukaan saya di game ini : Breeze (BGMnya pas di kota Balamb). Petikan gitarnya¬†slow, enak banget buat santai, nadanya ga rumit, digabung sama visualisasi kota Balamb sendiri (yang pernah main game-nya), rasanya ‘sejuuuuk di hati…’ hahaha.

*Dari sekian banyak Final Fantasy yang pernah saya mainin (7 – 12, Tactics (PS1), Tactics (GBA), Dissidia 102, Crisis Core, dan Dirge of Cerberus), masih Final Fantasy 8 yang saya paling suka BGM-BGM-nya.

  • Suikoden 2 (PS1/X)

Nah kali ini bukan buatan SquareEnix/Soft (seperti Final Fantasy series), tapi buatan Konami. Inget Konami, inget game Konami pertama yang saya mainain, Winning Eleven 4, bahasa Jepang huahaha. Kembali ke topik, Suikoden 2 dirilis sekitar taun 2000 dan saya pertama main saat SD. Sang composer bernama Miki Higashino (cek kemari untuk info lebih lengkap) dan Keiko Fukami. Game ini mengambil latar jaman dahulu (belum ada teknologi maju), bertemakan perang antar kekuasaan sepertinya, saya cukup lupa sama ceritanya. Di satu sisi ada beberapa kota besar dan bahkan kerajaan-kerajaan, lengkap dengan lagu-lagu ala kerajaan yang anggun. Terompet-terompet, march tentara dll.

Di sisi lain (ini yang saya suka lebih), ada suasana bertemakan desa yang dibangun oleh sang composer dan desainer game-nya. Dengan suasana masih sederhana, sang composer menyusun lagu yang menyerupai lagu-lagu tradisional, dengan suara alat musik tradisional juga (mungkin menyusunnya dengan komputer, tapi suara yang dihasilkan seperti alat musik tradisional). Beberapa rasanya seperti menonton film China lama dan ada adegan di desa lengkap dengan BGM-BGM khasnya. BGM-BGM untuk desa di Suikoden 2 ini juga mirip seperti itu, dengan alunan nada yang pelan, melodi tradisional yang meliuk-liuk nadanya, cukup membangun untuk suasana yang ingin dimunculkan dalam game.

Ini lagu yang saya suka (salah satunya) : A Peaceful Mountain Village

*Ketika saya nulis post ini, tiba-tiba jadi pingin main Suikoden 2 lagi.. ūüėź

  • Legend of Mana (PS1/X)

Legend of Mana, game RPG semi 3D, pastinya buatan Square (Soft pada saat itu). Mengusung tema alam, game ini punya lagu yang indah (jarang saya pakai kata indah, tapi saya pakai kali ini). Meski buatan Squaresoft, composer game ini bukan Nobuo Uematsu/Yasunori Mitsuda, tapi Yoko Shimomura. Meski begitu, kualitas lagunya juga ga kalah.

Lagu di game ini terkesan ‘hidup’¬†terutama saat berada di¬†dungeon¬†karena disusun dengan tempo yang cepat, instrumen yang ramai dan melodi yang beragam. Tapi ada satu lagu yang paling suka yang jadi BGM¬†dungeon, judulnya ‘The Wind Sings of a Journey

Ini preview-nya dari Youtube :

Lagu itu enak bener didengernya haha. Dengan alunan ‘genjrengan’ gitar akustik, melodinya menggunakan sejenis alat musik tiup, lagu itu disusun sederhana tapi mengena. Untuk lagu yang tenang, masih menggunakan alat musik tiup dan gitar sebagai pengiringnya (bedanya kali ini dengan petikan gitar), tempo yang sangat lambat, berjudul ‘Places of Soul‘. Kalau mau tidur, cocok juga pakai lagu ini diulang¬†berkali-kali, sampai pagi hahaha.

*Khusus game ini saya kasih 2 contoh lagunya, karena kedua jenis lagunya juara (tempo lambat, tempo cepat) dan saya suka sekali keduanya.

  • Chrono Cross

HAHA!¬†Finally I get to this one. This one is a masterpiece when it comes to the BGMs (well, at least for me). Menggunakan universe yang sama dengan Chrono Trigger, namun waktunya lebih jauh ke depan. Bertemakan waktu (chrono, ¬†makanya nama kedua game itu ada ‘Chrono’ nya). Barangkali Chrono Cross maksudnya penjelajah waktu kali ya? Game ini hasil Squaresoft pada masa itu, dan tentu saja¬†composer-nya adalah… Yasunori Mitsuda :thumbsup:

Saya suka setiap lagu yang ada di game ini, termasuk theme song-nya. Theme song-nya disusun hanya dengan gitar dan vokal (sedengar saya). Setiap lagunya sangat enak didengar, easy listening, tapi kalau suruh mendeskripsikan gimana enaknya ya susah juga saya :)). Setiap BGM disusun dengan alunan nada yang mudah diterima bagi para pendengarnya, baik itu yang bertempo cepat maupun lambat. Tema BGM pun disesuaikan dengan area dimana pemain berada, ada yang di sebuah mansion kuno dan lagunya pun spooky, ada juga di dasar laut dengan lagu yang kalem dan sangat sepi, saat battle juga menggunakan lagu yang bertempo cepat serta ramai instrumen, dan kawan-kawan BGM yang lain.

Ini theme song-nya : Radical Dreamers
Kemudian salah satu kesukaan saya : Arni Village
Lalu satu lagi, ini lagu¬†opening-nya : Scars of Time / Time’s Scar

*Khusus game ini, saya share contoh lagunya 3 biji, karena saya anggap game ini masterpiece dalam hal lagu.

Wuah, part 2 sama panjang dengan part 1, padahal cuma 1 genre huahaha, tapi itu mungkin pertanda kalau saya benar-benar suka dengan game, bahkan sampai memperhatikan lagunya hahaha.

P.S : (sama seperti Part 1)

‚Äď Saya orang awam dalam hal musik jadi kalau ada salah dalam penyebutan istilah mohon dimaklumi, saya hanya penikmat musik
‚Äď Ini semua pendapat pribadi semata, diperbolehkan untuk tidak setuju. Kritik, komentar, dan saran yang membangun selalu diterima dan diolah. b ^_^ d
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s