My Journey Through Life..

~Some people believe we only live once, so have fun while doing it.~

Harmonies of the Fictional Universes (Part 1)

Leave a comment

Hiburan yang cukup mainstream dan selalu banyak penggemarnya ada beberapa macam dan salah satunya, musik. Mungkin cuma beberapa orang yang nggak suka musik, itu berarti para musisi dan composer di dunia ini berhasil menggubah kumpulan nada jadi harmonis dan enak didengar.

Nah, kali ini, saya bakal bahas musik di ‘Fictional Universe’. Apakah maksudnya? Fictional Universe di sini maksudnya adalah dunia game (ya, karena game itu ada di dunia fiksi/tak nyata, kebanyakan). Buat beberapa orang main game tentu pasti cari senang (atau malah jadi frustrasi sendiri, hahaha), cari jalan cerita, pingin yang grafiknya bagus, dan di samping itu ada juga yang memperhatikan musiknya. Biasanya yang terakhir itu bonus dan gak ada niat awal buat nyari keindahan lagunya, eh tau-tau suka aja sama OST-OSTnya.

Saya sudah main game sejak kelas 2 SD (Spica console pertama saya, semacam Nintendo), Console terakhir PS2, pingin lanjut ke PS3 sama PS4 tapi kepentok di sana sini, jadinya nggak jadi wahaha. Jadi bahasan saya akan terbatas. Berdasar pengalaman & pengamatan, tiap game (terutama model RPG/action adventure) biasanya punya model OST beda-beda. Misalnya pada suatu waktu lagunya mellow, lembut, pelan, tapi pada titik lain lagunya bisa bertempo cepet. Beberapa game punya OST yang cukup ‘nyangkut’ di hati saya dan akan saya share semaksimal saya bisa, sapa tau bagi para penggemar game yang pingin cari lagu dari game, bisa jadiin ini referensi.

Game genre 1 : Racing (balapan)

  • Gran Turismo 2 (Original JP version, PS1/x)

Game balapan ini disukai ayah dan kakak saya, saya sendiri cuma suka nonton mereka bermain. Suka liat bentuk-bentuk mobilnya dan tentu suka lagunya. Composer dari GT2 Original adalah Keiji Matsumoto, Masahiro Andoh & Isamu Ohira (sumber 2 nama terakhir). Lagu-lagu paling saya suka adalah pas di balapan itu sendiri. Jadi sembari balapan, lagu iringannya itu saya pikir keren-keren. Mereka pakai lagu ala jamming, tanpa vokal, dan tempo lumayan cepat. Pemusik yang memainkan lagu-lagu ini pakai drum, gitar elektrik (2 kayanya sih), bass, keyboard (kayanya), dan synthesizer (sedenger saya). Sampai sekarang tiap saya denger lagu itu, selalu keingat masa kecil, liat 2 orang itu main game, terbayang jelas di benak.

Lagu ini termasuk jenis lagu yang membangkitkan semangat. Kalau lagi males ngapa-ngapain, bisa denger OST GT2, sapa tau jadi tambah semangat. Meski bertempo sedang – cepat (saya bukan penggemar tempo cepat), tapi saya  bisa suka banget OST-OST nya. Tiap melodi dibawakan tanpa memekakkan telinga. Biasanya melodi dibawakan oleh gitaris dan tiap petikannya sangat enak diterima.

Ini salah satu contoh OST (saat di arena balap) yang saya paling suka, judulnya Call of the Wild

  • Chocobo Racing (PS1/X)

Ini game balapan terimut yang pernah saya mainin hahaha. Pertama saya main pas kelas 4 SD. Lagi-lagi musik yang saya suka tepat saat balapannya (di luar balapan biasanya hanya musik-musik sederhana, sekedar pengantar cerita atau BGM untuk menu). Saya yakin kali ini, di game ini semua nada dihasilkan dari alat musik elektrik, entah apapun bentuknya karena saya nggak tau detil tentang alat musik. Dengan composer Kenji Ito, beliau dapat memunculkan suasana – suasana tiap arena ke dalam setiap BGM (BackGround Music). Contohnya : Stage khas Chocobo pakai musik khas Chocobo tapi dibuat sedemikian sehingga lebih hidup, dengan segala variasi instrumen yang dikerahkan ke dalam ragu. Stage untuk Moggle di-setting dalam bentuk hutan, maka musiknya disusun dengan model yang pelan, melodi utama seperti seruling (karena setangkap saya, kalo seruling itu sebagian besar digunakan untuk menggambarkan keadaan alam :D), dan dengan nada yang ‘sejuk’. Kemudian untuk stage black mage, didesain dalam bentuk mansion kuno yang digambarkan penuh hantu (ya hantu imut-imut juga sih), jadi lagunya dibuat model spooky menggunakan efek tertentu menyerupai onomatope hantu. Khusus bonus arenanya Squall, sang composer menggunakan battle theme nya Final Fantasy 8 yang sedikit diubah jadi lebih ramai.

Ini salah satu contoh BGM kesukaan saya : Mogri’s Forest

  • Crash Team Racing (PS1/X)

Sebagian besar pemain PS1/X pernah main game balapan ini. Menurut saya salah satu game legendaris PS1/X. Mirip dengan Chocobo Racing, sang composer, Josh Mancell (sumber) juga dapat memunculkan visualisasi suasana dari tiap arena balap. Contohnya di arena Crash Cove nya Crash Bandicoot, suasana pantai yang digunakan di sana dan musik yang digunakan menggunakan melodi utama seperti alat musik tiup (entah apa namanya :D) yang biasanya digunakan sebagai BGM untuk visualisasi pesisir pantai tropis. Kemudian Polar Pass nya Polar, dengan area bersalju, menggunakan model musik seperti musim salju pada umumnya, lengkap dengan ‘kemrincing’ loncang Santa Claus. Entah ini hanya saya yang mem-visualkan seperti ini tapi bayangan itu muncul hahaha.

Ini contoh kesukaan saya, pesisir pantai tropis, Crash Cove :

Game Genre 2 : Side Scrolling Action

  • Doraemon 2 SOS! Otogi no Kuni (PS1/X)

Game side scrolling ini mengangkat tema legenda (Momotaro, Jack and the Beanstalk, Little Red Cape, kayanya Musashi, dan kayanya Urashima Tarou) dengan Doraemon dan 4 kawannya sebagai tokoh utama. Musik-musik dalam game ini dibuat dengan tempo yang lambat kecuali saat boss besar. Selain itu, nadanya pun dibuat ringan untuk didengarkan, sangat easy listening, dan juga diberi sentuhan instrumen-instrumen tradisional sebagai pelengkap pada BGM nya (khususnya stage awal Nobita) seperti yang ada di film-film Jepang kuno dengan tema samurai.

Ini gameplay Doraemon 2 SOS! (2:08 untuk stage awal Nobita, yang mana itu adalah kesukaan saya)

Game Genre 3 : Simulation & Source Management

  • Harvest Moon Back to Nature (PS1/X)
Hanya brand game ini yang setau saya nggak ada perang-perangan, bunuh-bunuhan, pukul-pukulan, dan segala adegan kekerasan. Mengunggah tema bercocok tanam, dan dari segala Harvest Moon yang pernah saya mainin, hanya Back to Nature (sama Friends of Mineral Town – GameBoy Advance karena ceritanya sama dan hanya beda console saja) yang lagunya sangat menarik perhatian. Gimana nggak? Lagunya didesain sedemikian rupa oleh sang composer Miyuki Horameda (sumber), sampe-sampe lagunya cocok untuk teman tidur.
Sang composer dapat menyusun nada-nada sehingga jadilah musik-musik yang sangat sangat easy listening. Nggak ada vokal dalam seluruh OST game ini kecuali lagu prolog dan lagu nyanyian Karen saat acara gereja di dalam game. Selain itu hanya OST berisikan gabungan bermacam-macam instrumen yang saya sendiri nggak tau satu per satu, tapi yang jelas saya tau itu enak didengar hahaha. Nggak ada unsur drum ‘gedombrengan’ ataupun melengkingnya melodi gitar elektrik di OST game ini, tapi mungkin pakai synthesizer. Saya nggak tau genre lagu apa yang disusun sang composer tapi saya lebih suka menyebut lagu-lagu model ini dengan nama ‘nature’ (istilah saya sendiri sih bwahahaha) karena saya pribadi merasa cocok bila keadaan alam dan musim dalam game ini digambarkan dengan lagu seperti itu.
Ini salah satu lagu 4 musim yang saya paling suka : Spring (melodi utamanya enak banget didengerin)
Phew…. Sekian dulu untuk part 1 nya, karena rencana part 2 akan membahas genre RPG saja, dan dengan genre itu saya akan membawakan banyak game (hanya dengan 1 genre) hahahaha..
P.S. : – Saya orang awam dalam hal musik jadi kalau ada salah dalam penyebutan istilah mohon dimaklumi, saya hanya penikmat musik
          – Ini semua pendapat pribadi semata, diperbolehkan untuk tidak setuju. Kritik, komentar, dan saran yang membangun selalu diterima dan diolah. b ^_^ d
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s